Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

​Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi Dapodik 2020 Jenjang TK, KB, SPS, TPA dan PKBM Se Kabupaten Padang Pariaman

Parit malintang - Kegiatan Bimtek Verval Dapodik 2020 dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman telah dilaksanakan pada tanggal 04 s.d 13 November 2020. kegiatan ini sebagai peserta Operator TK, KB, SPS, TPA dan PKBM Se Kabupaten Padang pariaman.

Kegiatan Bimtek Verval ini di buka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman Al Azhar Adek, SH.M.Pd. Langsung sebagai Narasumber pada acara Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi Dapodik 2020 ini Drs. Metri Akbarsyah, MM selaku Kasi Data dan Litbang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Padang Pariaman.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan Sistem Pengelolaan Data Pendidikan dan Kebudayaan yang terintegrasi, untuk menunjang tata kelola data dan informasi yang terpadu. Dapodik adalah suatu konsep pengelolaan data pendidikan nasional adalah terpenuhinya SPM dan SNP dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Untuk mewujudkan pembangunan pendidikan tersebut dibagi menjadi empat faktor/bidang garapan yaitu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Satuan Pendidikan, Peserta Didik dan Substansi Pendidikan.

Tahapan pelaksanaan dalam pekerjaan Verval Data Peserta Didik yaitu Operator Satuan Pendidikan melakukan pengisian data melalui aplikasi Dapodik, Operator satuan Pendidikan melakukan registrasi untuk menjadi pengelola data melalui laman jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan, Operator Satuan Pendidikan menggunakan unsername dan password dari jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengakses laman, dan Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota ikut memastikan dan mendorong penyelesaian Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik

Tujuan kegiatan tersebut akan didapat data yang lengkap, benar, mutakhir dan akurat menggunakan Sistem Pendataan Dapodik yang akan digunakan kemdikbud untuk Analisis perencanaan sekolah, Bantuan Operasional Sekolah, Rapor Mutu Sekolah, Pemberian dana DAK, Pemberian dana PIP (Program Indonesia Pintar), Bantuan Unit sekolah baru, Bantuan renovasi sekolah dan Bantuan TIK. (UN)

Dilihat: 328