Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Grand Final Pemilihan Duta Budaya Padang Pariaman, Suhatri Bur: Saatnya Anak Muda Lestarikan Budaya

Parit Malintang – Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman menggelar perhelatan Grand Final Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 di Hall IKK Kawasan Parit Malintang, Senin (30/05).

Didampingi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka perhelatan pemilihan duta budaya terebut secara resmi.

Grand final tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian pelaksanaan pemilihan duta budaya Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 yang sudah dimulai sejak seminggu yang lalu melalui berbagai tahapan, yakni seleksi administrasi, babak penyisihan, dan pembekalan finalisasi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Anwar menyebutkan pemilihan duta budaya tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah terhadap pelestarian seni budaya tradisional sehingga tetap eksis dan dicintai di kalangan generasi muda.

“Pemilihan duta budaya ini merupakan bagian dari iktiar kita untuk menjaga kelestarian budaya tradisional sehingga tetap ada dan dicintai. Kenapa anak muda? karena anak mudalah yang akan meneruskannya” Ujarnya.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengungkapkan, bahwasanya seni budaya tradisional diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Namun demikian, dewasa ini seni budaya tersebut sudah mulai memudar karena generasi muda sudah mulai melupakannya.

“Melalui pemilihan duta budaya ini, kita bisa menjemput kembali segala yang tertinggal. Dan semoga, dengan adanya pemilihan duta budaya ini, dapat memberikan kesempatan kepada anak muda kita untuk mewakili Padang Pariaman di tingkat yang lebih tinggi lagi.” Harapnya.

Acara perhelatan yang brlangung meriah tersebut diikuti oleh 10 pasang finalis dengan hadiah utama penghargaan dan tabungan untuk finalis yang berhasil meraih juara 1 – 3.

Hadir sebagai juri dalam pemilihan duta budaya tersebut Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Abdul Khadir Jaelani, Ketua TP-PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, dan Kabid Kebudayaan Disdikbud Padang Pariaman Zamzinarlis.

Disamping itu, acara turut dimeriahkan oleh Forkopimda, Ketua GOW, Kepala Bagian/Badan/Kantor/Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Pejabat di Lingkungan Dinas Pendidikan, Pimpinan Cabang Nagari Lubuk Alung, Ketua TP PKK Kecamatan, Pengawas, Pemilik, dan Kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan. 

(Dikutip Dari : Situs Resmi Pemerintahan Padang Pariaman)

Dilihat: 226