Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Kadis Pendidikan Padang Pariaman Pantau Proses Belajar

Parit Malintang - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Padang Pariaman Drs. Anwar, M.Si melakukan pemantauan di Sekolah Dasar mengawali proses pembelajaran Semester II tahun pelajaran 2021/2022 yang telah berjalan tiga hari ini, Rabu (5/1).

Anwar menyebutkan, Hal itu dilakukan guna mempererat silaturahmi dan komunikasi antara pihak sekolah-sekolah dengan dirinya.

Selain itu, memberikan motivasi dan semangat guru-guru bersama Kepala SD, dan pihaknya juga memperoleh data yang akurat, termasuk ketersediaan sarana dan prasarana di Sekolah yang dikunjungi.

"Untuk memotivasi guru dan Kepala Sekolah Dasar (SD), memang diperlukan sentuhan hubungan silaturahmi dan komunikasi yang intens dengan turun kelapangan. Sehingga kita bisa menyampaikan visi dan misi yang diemban, sekaligus kita dapat informasi dan tahu permasalahan mereka di lapangan," sebut Anwar.

Ia menyebutkan, untuk kesuksesan suatu pekerjaan, memang dibutuhkan kerjasama yang baik sesama mitra kerja.

Hal itu, tentu didahului dengan meningkatkan silaturahim dengan komunikasi dua arah dari pemangku kepentingan.

'Setidaknya, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan guru sebagai tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan dilapangan. Sejak tiga hari Januari 2022 ini telah mengunjungi dan monitoring 15 SD di Kecamatan VII Koto, Nan Sabaris dan Ulakan Tapakih" kata dia.

Dirinya melakukan pemantauan kesemua SD di Padang Pariaman sebanyak 410 buah ini dilakukan setiap hari.

"Sebelum berangkat kedinas, Saya mengunjungi sekolah sekolah yang ada di daerah ini. Setelah itu, baru Saya kekantor. Itupun jikalau bisa dilalui kendaraan empat, kita akan datang menemui rekan-rekan guru kesana," sebutnya.

Anwar pun mengakui sejak dari menjabat Plt dan definitif telah mengunjungi sekitar 125 SD dan TK. Turun kelapangan selama ini, rupanya suatu kegembiraan dirasakan guru dan tenaga kependidikan dengan kehadiran darinya.

"Sehingga tercipta komunikasi yang baik dengan penuh kekeluargaan, maka tak ada jurang pemisah antara kita sesama ASN maupun atasan dan bawahan. Kadis Disdikbud itu, memang mengurus pendidikan dasar SD dan SMP kok" tegas dia menampik sinyalemen miring lantaran ia sering sidak ini.

Dengan turun kelapangan ini, ujar Anwar menambahkan tentu akan kita peroleh data valid dari tangan pertama. Sehingga ada kesinkronan isian pada Dapodik SD bersangkutan. Jadi, tak ditemukan lagi saling menyalahkan data sekolah mereka.

Kesetiap TK, SD dan SMP yang didatangi, ia selalu mengajak guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan lainnya agar bekerja sesuai Tupoksi masing-masing dengan penuh disiplin demi mewujudkan pendidikan berjaya di Padang Pariaman.

(Kutip dari : BERITA MINANG.com)

Dilihat: 211