Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

1.300 siswa Padang Pariaman ikuti Lomba Bintang Sains

Parit Malintang - Sebanyak 1.300 siswa SD dan SMP di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti Lomba Bintang Sains yang merupakan rkerja sama antara pemerintah daerah itu dengan sejumlah pihak.

"Ini sebagai tolak ukur pendidikan dan motivasi siswa di Padang Pariaman," kata Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan melalui lomba tersebut guru mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan pendidikan terhadap muridnya.

"Nanti bagi siswa yang dapat mewakili Padang Pariaman pada tingkat Sumbar akan saya berikan hadiah khusus," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman, Rahmang mengatakan kegiatan tersebut bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia setempat dan Padang TV.

Menurutnya pelaksanaan pada tahun ini dinilai sukses karena siswa banyak mengikuti kegiatan tersebut dan dihadiri oleh guru serta orang tua murid.

Ia merincikan peserta lomba tersebut terdiri dari 1.000 siswa SD dan 300 siswa SMP.

"Ini akan terus kita tingkatkan karena bermanfaat untuk peningkatan pendidikan di Padang Pariaman," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Padang TV, Rita Guspeniza mengatakan lomba ini juga diikuti oleh sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar.

Siswa pemenang lomba di kabupaten dan kota tersebut akan bersaing di tingkat provinsi untuk memperebutkan piala gubernur.

Dalam menjalankan lomba tersebut pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Univesitas Negeri Padang untuk menciptakan program pendidikan yang bersifat menghibur.

Ia menyampaikan pertanyaan yang diajukan pun bersifat sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

( Di kutip dari Antaranews Sumbar - Aadiaat MS )

Dilihat: 370