Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kab. Padang Pariaman resmi digelar

Pelaksanaan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTs tingkat Kabupaten Padang Pariaman yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Drs. Rahmang, MM bertempat di SMP N 2 Sintuk Toboh Gadang (24/03/18)

Lomba OSN yang diikuti oleh 198 siswa dari 17 kecamatan se-Padang Pariaman bertujuan untuk Memotivasi siswa agar mampu berperan aktif, Memfasilitasi siswa dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA dan IPS serta Upaya untuk menumbuhkembangkan kemampuan siswa guna berpikir kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dengan Berkompetisi Sehat Menuju Generasi Emas.

Kepala Dinas dalam sambutannya mengatakan, lomba OSN yang dilaksanakan ini sangat penting untuk kepentingan mengukur kualitas pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman serta sangat bermanfaat guna meningkatkan wawasan pengalaman serta penguasaan maupun pemahaman terhadap ilmu pengetahuan yang di miliki selama menjadi siswa pada tingkat SMP/MTs.

Selain itu OSN yang dilaksanakan juga dapat memotivasi orang tua, guru dan pihak sekolah, agar selalu berperan aktif dalam memfasilitasi siswa untuk peningkatan mutu di bidang Matematika, IPA dan IPS.

Dikatakan, OSN seperti ini merupakan wujud dan implementasi wajib belajar yang bermutu sekaligus mengukur kemampuan akademis siswa dalam bidang ilmu yang cenderung di minati oleh siswa siswi.

Kepada siswa siswi peserta lomba Kepala Dinas juga minta agar lomba ini dapat dijadikan ruang bebas dalam berekspresi, untuk mengembangkan potensi diri bakat dan minat serta kemampuan, dalam menyelesaikan tantangan pertanyaan yang diperlombakan baik di bidang Matematika, IPA maupun IPS.

Kepala Dinas juga berpesan pendidikan tiap anak sebagai generasi penerus dan pembangunan bangsa dan daerah baik di tingkat TK/PAUD hingga pada jenjang SMA/SMK/MA, merupakan tanggung jawab bersama semua pihak baik orang tua, sekolah, Pemerintah maupun semua elemen masyarakat. 

Lomba OSN ini sangat penting karena merupakan bobot dalam mengukur pola pikir yang kritis para siswa, berdasarkan teori dan metode pembelajaran yang di peroleh," Diharapkan, lomba OSN akan bisa menjawab tujuan pembangunan pendidikan yang berdampak pada meningkatnya SDM yang berkualitas, sehat, cerdas, profesional dan berakhlak mulia sesuai bidang ilmu yang memadai.

Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTs tingkat Kabupaten Padang Pariaman juga dihadiri oleh Sekretaris, Kepala Bidang Pembinaan SMP dan MK2S SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Padang Pariaman. (Wj.24.03.18)

Dilihat: 719