Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang pariaman Gelar Lomba Pidato Adat

Parit Malintang – Pelaksanaan Lomba Pidato adat Tingkat kabupaten padang pariaman yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Dibuka resmi oleh Kepala Dinas Drs. Rahmang, MM Bertempat di SMPN 1 Kec. Enam Lingkung. (29/08/18)

Kegiatan ini berlangsung selama 2 Hari pada tanggal 29-30 Agustus 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM menyampaikan bahwa Lomba Pidato ini bertujuan untuk melestarikan Nilai-nilai Budaya dan Adat yang mulai Luntur oleh perkembangan jaman, Oleh karena itu peserta didik wajib melestarikan budaya ini.

Kegiatan ini di harapkann bisa menjadi kegiatan tahunan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten padang pariaman, ujar kepala dinas.

“lanjutnya lagi, semoga kegiatan ini bisa lebih meningkat ke arah yang lebih profesional”

Turut hadir dalam acara ini Camat, Wali Nagari dan Pemuka Adat Setempat.

Marsidi, Selaku Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan, Menyebutkan lomba ini di ikuti oleh 38 Peserta dari 17 Kecamatan di Kabupaten padang pariaman.

Ia merincikan kegiatan ini teridiri dari 5 Tema yaitu : 1)Kato Nan Ampek, 2)Kawin Sasuku, 3)Tali Sapilin, Tungku tigo Sajarangan, 4)Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, dan 5)Pengaruh Budaya Asing Terhadap Generasi Muda.

Ia menambahkan agar penilaian Juri selektif dan terbuka agar terpilihnya insan-insan yang berkualitas. (*)

-YH-

Dilihat: 385