Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

INOVASI PROPELA "Profil Projek Pelajar Pancasila"

Pengertian PROPPELA atau Penguatan Profil Profil Pelajar Pancasila adalah merupakan sebuah inovasi di dunia pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila Apa itu Proppela? Proppela kepanjangan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah program pemerintah dalam implementasi Kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui pembelajaran berbasis projek. Peserta didik mengembangkan segala kemampuannya melalui projek keterlibatannya langsung dengan persoalan disekitarnya. Maksud Penyelenggaraan PROPPELA Penyelenggaraan PROPPELA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) merupakan upaya untuk mengembangkan dan memperkuat pemahaman serta penerapan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Berikut adalah beberapa aspek yang dapat dilakukan dalam penyelenggaraan profil pelajar Pancasila: 


1. Pendidikan Nilai

2. Pendidikan Karakter

3. Pelatihan Guru

4. Kegiatan Ekstrakurikuler

5. Kolaborasi dengan Orang Tua

6. Kegiatan Penelitian dan Pengembangan

7. Monitoring dan Evaluasi


Penyelenggaraan profil pelajar Pancasila merupakan upaya sistematis dan berkelanjutan yang melibatkan berbagai pihak dalam membangun generasi penerus yang memiliki kesadaran moral, etika, dan kewarganegaraan yang kuat sesuai dengan ajaran Pancasila

Tujuan dari PROPPELA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) adalah memberikan ruang bagi semua anggota komunitas satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan dan mengamalkan Profil Pelajar Pancasila: 

Untuk satuan pendidikan 

• Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat. 

• Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya. 

Untuk pendidik 

• Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila. 

• Merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas.

• Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran. 


Untuk pesertadidik 

• Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif. 

• Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan. 

• Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan projek pada periode waktu tertentu. 

• Melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar. 

• Memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar. 

• Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara optimal.

Dilihat: 29