Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Keseimbangan Peran Pihak Sekolah dan Orang Tua Terhadap Data Siswa

Parit Malintang – Pendidikan merupakan hal terbesar yang selalu di utamakan orang tua. pada saat ini semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Orang tua dan sekolah merupakan dua unsur yang saling berkaitan dan memiliki keterkaitan yang kuat satu sama lain. karena pada hakikatnya orang tua lah yang mempunyai waktu yang lebih banyak dan mengetahui sejauh mana perkembangan anaknya.

Terlepas dari itu orang tua juga harus memperhatikan bagaimana sistem kerja dari sekolah tempat anak nya di sekolah. Salah satunya dalah Data diri dari anaknya. Karena sebagian besar orang tua menyerahkan secara keseluruhan data anaknya kepada pihak sekolah. Dan pada akhirnya di penghujung sekolah di temukan data-data yang masih salah dan tidak sesuai.

Menurut Metri Akbarsyah selaku Kasi Data Bidang perencenaan dan pengembangan data, berdasarkan data yang di peroleh dari Dapodikdasmen masih banyak di temukan masalah data siswa. Salah satu nya adalah NISN (nomor induk siswa nasional).

Ia menyatakan sebagian siswa mempunyai NISN ganda. Hal ini disebabkan kesalahan pada sistem entri, yang pada awal nya siswa sudah mempunyai NISN namun dientrikan lagi secara manual operator sekolah.

Lanjutnya lagi memang perlu ada kerja sama dan keselarasan program pendidikan yang dilakukan di satuan pendidikan, orang tua, dan masyarakat sebagai penggagas dalam membangun ekosistem pendidikan untuk menumbuhkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik.

Dan masalah lain yang ditemukan di lapangan adalah kesalahan Nama terang peserta didik, tempat lahir dan nama orang tua yang tidak sinkron antara data di TK dan SD. Pada data TK penggunaan data di rujuk berdasarkan hanya dari keterangan orang tua saja, dan pada ijazah SD di rujuk dari Akte Kelahiran Capil. Sehingga pada sistim dapodik di temukan ada beberapa perbedaan data, Ujarnya.

Metri akbarsyah menerangkan sebaiknya saat mengisi data siswa orang tua mendampingi siswa saat mengisi data tersebut. Dalam hal ini perlu sekali orang tua mengoreksi kembali data yang telah di isi, Tujuannya agar nanti tidak terjadi kesalahan saat input data dan juga mempermudah kerja petugas yang bersangkutan (*)

-YH-

Dilihat: 817