Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Melalui Aplikasi E-Waspada Padang Pariaman meluncurkan aplikasi kepengawasan terpadu dan akurat

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padangpariaman meluncurkan aplikasi kepengawasan terpadu dan akurat. Aplikasi yang disingkat e-waspada itu, dibuat untuk memaksimalkan pengawasan terhadap sekolah di Padangpariaman.

Kepala Disdikbud Padangpariaman, Rahmang mengatakan, peran pengawas sekolah sangat penting dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pengajar. Untuk itu, pihaknya membuat aplikasi e-waspada, guna memaksimalkan kerja pengawas sekolah.

“Untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja sekolah, pengawas melakukan supervisi manajerial dan akademik. Jadi e-waspada ini, instrumen pendukung kerja para pengawas sekolah kami,” ujar Rahmang saat launching aplikasi e-waspada di IKK Paritmalintang, Rabu (29/11).

Menurut Rahmang, penggunaan teknologi informasika tidak dapat dielakkan di era sekarang. Sebab, teknologi juga dapat membantu mempermudah, mempercepat, dan menghasilkan kerja yang akurat. “Kalau menggunakan e-waspada ini, pengarsipan pengawas kita tentu bisa tertata rapi,” ujarnya.

Rahmang menjelaskan, aplikasi e-waspada dikembangkan dari ide Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasaranan Disdikbud Padangpariaman, Afrinaldy Yunas. Katanya, aplikasi itu satu-satunya di Indonesia.

Afrinaldy menjelaskan, tujuan dibuatnya e-waspada untuk mempermudah kerja pengawas sekolah. Setidaknya, pengawas tidak lagi disibukkan membawa dokumen, saat mengunjungi sekolah.

E-waspada tidak hanya untuk mengawasi sekolah, tetapi juga mengawasi kerja pengawas. Artinya, pengawas juga dituntut mengunggah dokumen atau foto, setiap meninjau sekolah.

Sekkab Padangpariaman, Jonpriadi menyarankan, agar aplikasi e-waspada benar-benar terimplementasikan dengan baik. Sehingga, aplikasi itu tidak hanya terkesan digadangkan ketika launching saja.

“Jadi jangan hanya sekadar launching, tetapi tidak benar-banar dijalankan. Itu akan sangat merugikan kita. Jadi harus serius menjalankan aplikasi ini,” ujarnya.

Jonpriadi meyakini, apabila aplikasi e-waspada dijalankan dengan serius, peran pengawasan sekolah akan sangat maksimal. Sebab kerja pengawasnya akan menjadi akurat. “Kita sangat mendukung seluruh dinas berinovasi. Sehingga, pelayanan kita memuaskan hati masyarakat,” tandasnya.

Dikutip dari 

Arsip Padang Ekspres (30-11-2017)

Foto


Dilihat: 470