Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Padang Pariaman Gelar Pesantren Ramadhan Bagi Anak Paud

Parit Malintang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan – Senin ( 21/05 ). Padang Pariaman mendadak bak dunia santri. Pesantren Ramadhan yang di gelar di seantero kabupaten Padang Pariaman membuat suasana Ramadhan semakin semarak di daerah Padang Pariaman. Kegiatan rutin pada bulan Ramadhan ini tidak hanya di laksanakan oleh Pendidikan Dasar dan Menengah, namun pada tahun ini juga di laksanakan oleh murid PAUD ( TK dan KB ) di Kabupaten Padang Pariaman.

Salah satu kecamatan yang melaksanakan Pesantren Ramadhan PAUD , TK dan KB adalah kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Kegiatan ini di hadiri Langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman. Dan di koordinatori oleh Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non-formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman dengan melibatkan pengawas di lingkungan PAUD

”Pelaksanaan pesantren ramadhan merupakan salah bentuk implementasi dari Peraturan Bupati Padang Pariaman no.5 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Padang Pariaman. Dimana dalam Perbup tersebut telah di sebutkan bahwa salah satu ciri Penyelenggaraan PAUD harus berbasiskan ke agamaan.”

Dalam penyampaiannya Kepala dinas mengatakan “ Pembentukan Karakter harus di mulai dari PAUD. Karena puncak dari karakter tersebut adalah bagaimana individu mengetahui hubungannya dengan Tuhannya. dan Kepala Dinas juga memberikan tantangan sekaligus harapanya kepada bidang PAUD untuk tahun depan agar Pesantren ramadhan PAUD kalau bisa di isi dengan MTQ tingkat siswa PAUD se kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan selama enam hari 21 mei s/d 26 mei 2018. Pelaksanaan pesantren ini dilaksanakan di lembaga PAUD masing-masing, mushola dan Mesjid terdekat.

Adapun Materi yang di ajarkan pada kegiatan ini yaitu :

  1. Pengenalan Bulan Ramadhan
  2. Pengenalan Puasa, Tarwih, Sahur
  3. Pengenalan Do’a – Do’a
  4. Etika Berbuka Puasa
  5. Bercerita Hikmah Puasa
  6. Evaluasi Kegiatan Pesantren.

Acara ini diikuti oleh seluruh PAUD dan KB se Kecamatan Sintoga.

(YH-05/06/2018)

Dilihat: 2113