Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

​Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2020

Parit Malintang- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Padang Pariaman Bidang Kebudayaan telah mengadakan Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Padang Pariaman Malewakan gala rang mudo dan puti bungsu Kabupaten Padang Pariaman 2020 dengan tema “Mancari Bijo Nan Katumbuah, Mamiliah Tampang Nan Kajadi”.

Kagiatan ini merupakan program Pengembangan Nilai Budaya mempunyai dasar hukum DPA Kegiatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Tahun Anggaran 2020 dengan Sumber Dana DAU ( Dana Alokasi Umum). Sebagai bentuk apresiasi dari program Pemerintah untuk Kemajuan Kebudayaan, kegiatan ini dilaksakan untuk mengenalkan, melestarikan dan mempromosikan kepada masyarakat luas akan potensi Seni Budaya dan cagar budaya yang terdapat di Kabupaten Padang Pariaman.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM dan juga dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Al Azhar Adek, SH.M.Pd Kepala Bidang Kebudayaan Suhatman, S.Pd.MM beserta para Kasi Bidang Kebudayaan dan Staf di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Padang Pariaman.

Juri yang hadir dalam cara ini adalah Bundo Kanduang Prof. Dr. Yetti Marlida, MS, kemudian Aga Dt. Rky. Mudo dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkanau (LKAAM), Yuslinur Ketua HP3 serta Instruktur Make up Yusniar Ketua Katalia Padang Pariaman dan Koreografer Ade Novalia, M.Pd Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman. ditemani MC dari Staf Humas dan Protokoler Hendrizal & Rischa Dianis juga Rang Mudo Nurul Abdi.

Maksud dan tujuan acara ini untuk memilih pemuda-pemudi Padang Pariaman yang akan dilewakan gala sebagai Duta Kebudayaan Padang Pariaman 2020. Agar pemuda-pemudi yang terpilih sebagai Duta Kebudayaan Padang Pariaman yang di beri gelar Rang Mudo dan Puti Bungsu dapat mengenalkan, mempromosikan budaya, seni dan cagar budaya Kab. Padang Pariaman ke masyarkat luas.

Kegiatan dilaksanakan dengan 4 tahap Pendaftaran Peserta, Babak Penyisihan, Sesi Pembekalan untuk Finalis, dan Pelaksanaan Grand Final. Diikuti hanya pemuda-pemudi Se-Kabupaten Padang Pariaman dengan umur peserta 15 tahun – 25 tahun mempunyai pengetahuan umum dan khusus.

Pelaksanaan Pendaftaran Peserta dan Babak Penyisisihan bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman pada tanggal 21 Maret 2020, kemudian Sesi Pembekalan dilaksanakan di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung tanggal 23 Maret 2020, pelaksanaan Grand Final pada tanggal 24 Maret 2020 di Hall Saiyo Sakato Pariaman dan Babak Final masih tertunda karna Pandemi Covid-19 ini.

Dimana dalam Pembekalan peserta diberi ilmu dan arahan bagaimana cara memakai baju kuruang basiba dan pemasangan tingkuluak serta saluak bagi peserta laki-laki, juga cara bermake up bagi peserta perempuan. Jumlah peserta pemilihan duta budaya Kabupaten Padang Pariaman yang mendapatkan juara, terpilihnya 6 Pasang Rang Mudo dan Puti Bungsu yang mana 1 Pasang pemenang pertama akan di kirim ke tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai perwakilan dari Kabupaten Padang Pariaman. (UN)

Dilihat: 263