Pauh Parit Malintang SD N 11 Enam Lingkung

Workshop Peningkatan Akurasi Kepengawasan Pengawas/Penilik PAUD dan PNF

Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan Seminar/Workshop Peningkatan Akurasi Kepengawasan Pengawas/Penilik PAUD dan PNF se-Kabupaten Padang Pariaman, pada Senin, 19 Juni 2017.

Kegiatan yang mengangkat tema "Bersama kita tingkatkan profesonalitas Pengawas/Penilik dalam melakukan pengawasan secara terpadu dan akurat" ini dimaksudkan sebagai upaya sadar akan pentingnya kesadaran bersama meningkatkan kualitas SDM pengawas/penilik di Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak Drs. H. YERNIZEN, MM menyatakan bahwa kegiatan seperti sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman. Ia menambahkan, kegiatan ini insya Allah, akan dilanjutkan pada waktu yang akan datang dan dilakukan secara berkala.

Adapun target dari kegiatan ini adalah adanya instrumen pengawasan yang berdasarkan 8 standar pendidikan dan outputnya dapat digunakan untuk bahan lampiran penghitungan angka kredit pengawas/penilik. Dari hasil seminar/workshop ini akan dibuatkan aplikasi berbasis Teknologi Informasi sehingga memudahkan pengawas/penilik dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Saat memberikan sambutan pelaksana kegiatan, Bapak Suhatman, S.pd, M.Si, Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Formal melaporkan bahwa kegiatan ini menjawab tantangan perubahan zaman, dimana profesionalitas menjadi isu aktual di indonesia. Profesionalitas itu dapat diwujudkan melalui peningkatan kualitas, diantaranya melalui diklat dan seminar.

"Mereka tak perlu lagi membawa banyak kertas untuk melakukan pengawasan saat kelapangan. Mereka cukup membawa telepon genggang yang berbasis android" tambahnya

Antusias yang tinggi juga terlihat dari peserta yang mengikutinya. Tidak hanya jumlahnya yang mencapai 90% dari keseluruhan pengawas penilik PAUD dan PNF di Padang Pariaman, Tetapi peserta juga aktif dan bersemangat dalam mengikutinya, meskipun mereka dalam keadaan berpuasa.

Mashuri, koordinator penilik dan juga salah seorang peserta seminar/workshop, menjelaskan saat diwawancarai, bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selama beberapa tahun belakangan ini, kami tak pernah mendapatkan kegiatan seperti ini. Kami berterima kasih kepada bidang PAUD dan Pendisikan Nonformal yang telak menfasilitasi kami. Kedepan, harapannya akan ada lagi kegiatan seperti ini, harapnya. (99.AF)

Dilihat: 405